Posted by : Unknown Sunday, February 9, 2014

http://id.wikipedia.org/wiki/Muson
Gue paling mines kalo udah nentuin kapan muson barat dan muson timur, sekalipun gue lulusan IPS waktu SMA dulu. Namun yang pasti, muson merupakan sebutan untuk angin periodik yang terjadi terutama di Samudra Hindia dan sebelah selatan Asia. Angin inilah yang mengakibatkan musim hujan dan kemarau terjadi.

Sebenarnya gue gak butuh muson untuk bisa tau sekarang lagi musim apa, hujan atau kemarau. Cukup nonton berita banjir yang melanda sebagian daerah di Indonesia, gue jadi tau kalo sekarang di Indonesia tengah berada di musim penghujan.


Musim penghujan itu tidak ada hubungannya dengan kegalauan para jomblo. Meskipun tiap malam minggu para jomblo selalu berdo'a agar turun hujan, itu bukan alasan yang logis untuk bisa diterima oleh akal sehat ya.

Bicara soal hujan, gue agak gimana gitu dengan perilaku sebagian orang ketika hujan turun.

Gue mulai dari para ibu-ibu ya. Mereka biasanya mengeluh tentang cucian yang tak kunjung kering. Menurut gue ya itu wajar lah, karena udah capek kucek-kucek jemur-jemur #AlaAlayDahsyat, giliran dijemur malah turun hujan.

Belom lagi kalo soal makanan yang biasa tersaji di meja makan, kalo udah musim hujan makanan yang tersaji itu mendadak instan. Alibi klasik sih 'Pakle sayurnya gak jualan, hujan' dan itu cukup ngebuat gue beranjak rajin untuk nyalain kompor dan masak mie instan atau sekedar ceplok telor.


Lain ibu-ibu, lain anak-anak kecil sekitar komplek. Di daerah dekat rumah gue ada lapangan yang biasa digunakan sebagai tempat main anak-anak disana. Dengan datangnya musim hujan, kreatifitas mereka dalam bermain serta semangat bermain mereka menjadi lebih meningkat. Semua permainan akan menjadi lebih asik dimainkan kalo sambil hujan-hujanan. Gue jadi nostalgia nih #Nerawang.

Untuk para pelajar dan pekerja ada kesamaan sih kalo udah musim hujan. 'Ada libur nasional hujan gak ya?', males untuk beraktifitas karena udara adem menjadi alasan no. 1. Emank sih males banget kalo turun sekolah, kuliah atau kerja mesti set armor 'jas hujan' sebagai pelindung badan. Gue salah satu dari oknum yang ngarep ada libur nasional hujan :))


Sebenarnya males untuk beraktifitas saat hujan bukan cuman dialamin oleh pelajar dan pekerja aja, para pengangguran pun akan lebih malas lagi. Ya memang enak sih ya, kalo udah hujan kita cuman gelendotan di kamar, selimutan, sambil peluk guling dan tidur cakep. Dan gue gak bisa salahin itu, karena gue juga doyan tidur kalo hujan.

Paling enak kalo udah hujan sih tidur. Mau ngapain coba? Mau jalan jadi males, mau makan males juga, sampe mau males-malesan juga jadi males. Males banget kan?

Namun yang paling absurd adalah perilaku pengguna jalan kalo lagi berkendara di tengah hujan. Semua mendadak ala ninja di seri Naruto, ngebut, nyalip, ngerem, ngepot, jatuh, masuk rumah sakit dan meninggal. Dan kalo udah gitu, yang disalahin si hujannya, padahal mereka yang gak hati-hati. Semoga itu gak terjadi ya.

Kalo bagi pejalan kaki, pesepeda dan pengendara motor gue bisa maklum kalo mereka ngebut. 'Takut basah' sih yang jadi alibi terkuat mereka. Padahal beberapa dari mereka pake jas hujan, ya maksud gue jas hujan kan sengaja dibuat untuk melapisi lo agar baju dan badan lo minim air hujan, lah terus lo ngapain mesti ngebut padahal lagi pake jas hujan? takut jas hujan lo basah atau gimana?

Yang ngebuat jadi tambah absurd adalah pengendara mobil yang juga ikutan ngebut kalo lagi hujan. Apa yang lo takutin sih sampe ngebut kalo lagi hujan sementara lo ada di dalam mobil? lo takut basah? kan mobil ada atapnya. Kalo lo masih takut basah, kenapa gak peke jas hujan juga sembari nyetir mobilnya?

Meski seperti itu, gue juga merasa bersyukur kalo ada hujan di Tarakan. Kenapa? karena banjirnya gak separah di Jakarta, Menado atau Sinabung (but wait, Sinabung gak banjir tapi siaga gunung meletus). Terlebih gue tinggal di Kampung Satu, rumah gue ada dijalan menanjak gitu jadi terhindar dari banjir. Gue harap yang di Karang Anyar, Sebengkok dan sekitarnya siaga aja mulai sekarang ya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -