Posted by : Unknown Sunday, December 14, 2014

Rutinitas gue tiap pagi
Pagi itu gue baru selese mandi dan mesti siap-siap buat ngantor. Gue yang waktu itu bangun kesiangan mesti sedikit memacu diri gue sendiri untuk lebih gesit dan lebih cepat. Kemeja gue belom disetrika, celana belom dicuci, kutang juga belom kering dari jemuran, bahkan sempak pun belom dikembaliin sama tetangga! Pokoknya pagi itu banyak yang mesti gue siapin, deh!

Di sela kesibukan gue pagi itu, seperti biasa nyokap gue nyetel tv untuk asupan informasi hariannya. Yup, peranan tv bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai sumber segala informasi yang terjadi di dunia maupun di akhirat.. iya, di akhirat juga dong, makanya ada acara ceramah pagi, biar kita takut sama neraka dan Mamah Dedeh.

Nyokap : "Man.. Roman.. sini dulu, liat nih beritanya!".

Gue yang saat itu lagi buru-buru nyetrika kemeja, karena dipanggil nyokap akhirnya gue pending. Gue keluar dari kamar, hanya dengan memakai kutang dan handuk buat nutupin titit gue.

Gue : "Apaan sih, Mi?".
Nyokap : "Tuh coba liat". Nyokap menunjuk pada layar tv.

Noh yang mau dioperasi
"Tiwi T2 akhirnya menjalani operasi pengangkatan tahi lalat"

WATDAFAAAAAAAAAAAKKKKK!! Di saat gue keburu nyiapin keperluan ngantor, nyokap tiba-tiba memanggil gue untuk nyempein berita. Gue pikir beritanya penting banget seperti kenaikan gaji, terus adanya tunjangan sempak untuk instansi swasta, atau berita kalo industri AV bakalan legal di Indonesia. Maksud gue, sepenting apa sih operasi tahi lalat artis untuk gue, kan kampret! Gue gak butuh informasi gituan!

Tutup mulut, bangs*t!!
Gue yang murka karena ngerasa kalo udah ngelakuin hal yang sia-sia (baca : nonton gosip), lalu bergegas ngambil golok, trus kembali ke depan tv. Dengan mata melotot, hidung kembang kempis, sampe panu yang melebar, gue tatap tajam ke arah tv. Dengan logat orang timur ala The Raid, gue ngamuk di depan tv, "tutup mulut bangs*t!! Stop kau tipu-tipu!!", trus gue sabet layar tv pakek golok yang gue bawa. "Kalo saya marah, saya menggila!", gue lanjutkan dialog orang timur tadi tanda misi ngerusak tv selese. Nyokap? Dia shock ngeliat amarah gue.

Gak, itu tadi berlebihan. Lagian yang salah bukan nyokap sih, kan nyokap cuman nyampein aja, salah gue yang kepancing. Tv juga gak salah, karena pada dasarnya tv cuman alat untuk nyampein informasi. Yang salah tuh tim kreatif acara gosip tadi, nyampein berita yang gak penting banget.

Ngegemesin dari mana?
Tuh baru si Tiwi T2, belom si Sony Wakwaw. Tau Sony Wakwaw, kan? Itu loh, yang bapaknya ngilang mulu. Tapi menurut gue, logisnya sih bukan karena bapaknya ngilang trus dia nyariin. Bisa jadi bapaknya ada, bahkan ada di depannya, tapi mungkin karena mukanya ngadep mana, matanya kemana jadi bapaknya gak keliatan.

Entah apa, ya? Gue juga bingung nih, tuh bocah dibilang ngegemesin oleh fansnya. Padahal, ngegemesin dari mana coba kalo cuman bisa mangap dan ngomong "bapak mana bapak mana"? Lebar pula mangapnya. Tapi anehnya, segala kegiatan yang dilakuinnya selalu diliput, dari beli kambing, ganti kacamata, beli mobil baru, sampe pindah rumah. Berita gini nih pentingnya dimana, coba?

Acara tv saat ini udah di dominasi oleh tanyangan-tanyangan yang gak asik, gak penting, dan gak mendidik. Acara tv di Indonesia tidak berpihak pada pengembangan pola pikir, wawasan dan sikap kepada penontonnya, melainkan sarat akan pembodohan, penindasan, dan sekedar wadah untuk memperkaya diri sendiri. Gue jabarin, nih!

1. Gosip
Mereka cerai ya? Terus?
Gue gak ngeliat satu pun manfaat dari menonton acara gosip. Apa coba? Gak ada, kan? Apa pentingnya sih buat lo kalo Nassar dan Muzdalifah cerai? Apa sih manfaat yang lo dapet dengan lo tau kalo Shafeea tuh ternyata anak Ahmad Dhani? Atau sepenting apa sih bacotan Farhat Abbas sampe diliput terus?

Beberapa ada yang pro dengan acara seperti ini, dalihnya karena mereka publik figur, artis, jadi kisahnya tuh bisa dijadiin bahan obrolan dengan tetangga. Woi!! Kalo yang dijadiin berita bukan aibnya ya gak masalah. Contohnya prestasi artis Indonesia di panggung internasional, atau ada artis yang gagal nyalonin jadi pejabat daerah tapi gak gila pada akhirnya, atau mungkin keberhasilan artis-artis nguasain ke-4 pengendalian elemen untuk ngelawan negara api, itu mungkin lebih baik diberitain.

Salut buat kak Agnes Monica
Di dalam agama gue, ngomongin orang (gosip) tuh ada 2 macem, kalo yang diomongin faktanya memang benar jadi gibah, tapi kalo salah jadi fitnah, dan itu sama-sama dosa. Gue bukan orang yang fasih dalam urusan agama, gue cuman mau ngajak terlebih pada diri gue sendiri. Jadi mulai dari sekarang gue mau berkampanye, "JAGA BACOT UNTUK JAGA DIRI, STOP ACARA GOSIP MULAI HARI INI!!".

2. Musik pagi
Keren banget nih di jamannya
Gue juga salah satu penikmat musik. Gue juga (awalnya) suka acara musik yang ada di tv, tentunya sebelum Inbox dan Dahsyat. Lo masih ingat dengan MTV Ampuh? Itu acara keren banget, sob!

Gue kehilangan kesan stylish di acara musik saat ini. Gue gak tau arah konsep acaranya kemana. Host dan penontonnya dari kaum alay dengan candaan garing yang dibuat-buat. Hostnya banyak banget, sehingga menghilangkan kesan profesionalnya dalam memandu acara. Becandaannya garing pula, gak ada lucu-lucunya, seakan memaksa penonton untuk tertawa terhadap hal yang gak alami.

Profesional dari mana kalo..

Hostnya cuman berani keroyokan, gak lucu lagi!
Belom lagi penontonnya! Ada kaum alay normal, kaum alay homo, cabe-cabean, sampe nenek-nenek ikut joget koplo. Pertanyaan gue, mereka tuh ngapain? Yang abege gak pada sekolah, apa? Ibu-ibu gak pada masak, apa? Trus nenek-nenek yang disitu ikutan goyang koplo apa gak istirahat di rumah? Belom lagi bocah-bocahnya, pada gak nurut omongan Kak Seto yang nyuruh belajar di sekolah!

MADESU!
Gue bingung dengan sikap orang Indonesia terhadap hiburan seperti ini, bukannya mementingkan prioritas, tetapi larut dalam huru-hara yang gak bisa dipertanggungjawabkan. Inilah yang gue liat dari acara musik pagi saat ini.

3. Komedi
Gak jauh beda dengan acara musik pagi, acara komedi tv saat ini juga udah kayak sampah aja. Gue kehilangan candaan segar yang bisa membuat gue tertawa ikhlas. Kalo dulu kita bisa tertawa ikhlas ngeliat sketsa OVJ atau Ngelenong Nyook.., sekarang kesan itu gak bisa lo dapet di YKS, Pesbukers, atau yang sejenisnya.

Kocak abis deh
Pelanggaran HAM nih
Komediannya amatir, candaannya kasar, garing, trus kalo gak lucu ada yang ditepungin mukanya, disemprot pakek krim, dijatoh-jatohin, pokoknya maksa deh! Belom lagi yang gak senonohnya, seperti grepe-grepe artis yang cantik, kalo yang jelek ya jadi bulan-bulanan. Iya, emang kasian nasib Eli Sugigi.

Gue kok pengen banget ngegampar Cesar ya?
Belom lagi kalo ada joget-joget gak jelasnya, iya.. sampah emang. Inget Cesar? Gue heran, dimana coba letak lucu dan serunya? Tuh muka jauh dari kata 'lucu', mungkin lebih tepatnya 'tragis'. Trus dia pandu jogetnya dengan koreo yang dipaksain untuk ngelucu, sumpah deh, itu gak lucu sama sekali.

Atau scene hipnotis yang bongkar-bongkar aib orang. Gue gak ngeliat sisi positifnya dari scene ini. Ada orang dihipnotis trus dikorek-korek aibnya, dan itu dijadiin bahan becandaan. Maksud gue gini, sampe sebegitunya kah ngebuka aib orang untuk sebuah rating? Pokoknya parah deh komedi saat ini! Bukannya memberikan hiburan, melainkan pembodohan masyarakat.

4. Sinetron
Saat ini yang lagi booming adalah sinetron dengan tema binatang. Tau, kan? Ada yang bisa berubah jadi vampir, serigala, harimau, mungkin ntar bakalan ada yang berubah jadi perkutut. Manfaatnya nih apa, coba?

Sekolah malah buat pacaran
Ada juga adegan tentang pergaulan bebas anak SMA. Eksploitasi gadis remaja dikarenakan menggunakan rok mini di sekolah. Padahal SMA sekarang mewajibkan menggunakan rok panjang. Adegannya yang mengajarkan pacaran dari pada sekolah, adegan seks, melawan orang tua dan lain-lain.

Pernah gini, anime Naruto dilarang penayangannya di tv Indonesia, karena mengandung unsur kekerasan. Sekarang gini deh, coba lo bandingin Naruto dengan GGS, kampret mana coba? GGS, lah! Naruto mengajarkan kita untuk semangat dalam mencapai cita-cita, mengajarkan kita untuk tidak pantang menyerah meski berbagai rintangan menghalangi kita, mengajarkan persahabatan, cinta pada keluarga, maupun negara.

Terkutuk lah!
Nah kalo GGS? ngajarin kita untuk percaya hal-hal mistis, membuat kita menjadi alay, ke sekolah bukannya belajar, tapi malah pamer. Belom lagi gaya pacaran yang dipertontonkan, pacaran di sekolah, pelukan di taman, sampe mojok di hutan. Ngedidiknya dimana, coba? Ada yang bisa jelasin? Pokoknya kampret banget deh acara tv Indonesia saat ini.

Pihak-pihak yang terkait dalam penyajian acara sampah seperti ini mestinya bertanggung jawab penuh atas kemerosotan moral generasi. PH yang memproduksi acara seperti ini mestinya lebih memprioritaskan pembentukan karakter ketimbang sekedar hanya memperkaya diri sendiri.

KPI sebagai filter tayangan tv mestinya lebih selektif dan bersih dari kegiatan suap (gak menutup kemungkinan kan ada aliran dana dari PH untuk KPI). KPI bertanggung jawab terhadap apa yang dapat ditonton dengan mengacu pada batasan usia penonton.

Yang paling penting adalah bimbingan dari orang tua atau mereka yang mengerti akan dampak dari apa yang ditonton, terutama oleh anak-anaknya. Mungkin dalam postingan ini gue juga bakalan berkampanye , "SELAMATKAN TV KITA, DAN SELAMATKAN ANAK-ANAK KITA!"

{ 3 comments... read them below or Comment }

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -