Posted by : Unknown Wednesday, July 10, 2013

Puasa itu menahan diri dari segala hawa nafsu.. entah nafsu untuk administrasi tenggorokan dan perut, emosi sampai birahi (sah aja kan? udah pada gede semua juga).. ini gak mudah dijalanin, apalagi ente orangnya nafsuan..

Ente pasti pernah dengar istilah 'di dalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yg kuat', ini juga berlaku pada saat puasa.. dimana kondisi tubuh itu berpengaruh sama mood, dan sedikit banyaknya ngaruh sama mental puasa ente.. jadi poin yg penting selain niat, adalah fisik yg kuat.. disini ane mau berbagi opini gimana caranya untuk bisa kuat lahir batin selama menjalankan ibadah puasa, tentunya ala asikcarague.blogspot.com.. simak yuk..

  1. Jangan begadang - apapun alasannya, entah itu 'ada artinya' ala bang Haji, sampe cuman sekedar nonton pilem atau gak tidur karena nunggu waktu sahur jangan begadang.. klasik, kalo ente kurang tidur, badan ente bakal lemes.. dan kalo badan ente lemes, ente gak bakal kuat puasanya.. lahir batin lemes doang bawaannya..
    Bobo gih jangan begadang
  2. Sahur dengan yg enak2 - sebenarnya ini sangat penting.. apa yg kita makan sebagai bekal energi selama puasa itu ngaruh banget.. meskipun ane tau kalo makan sahur itu kebanyakan dari ente itu bawaannya males dan cerewet.. itu karena ente gak biasa aja makan jam 3 dini hari.. apa pun itu, sahur penting.. pancinglah nafsu makan ente dengan makan yg enak2.. contohnya sahur dengan ginian..

    Komplit sahurnya, nasi + sayur + lauk

    Perbanyak sayurnya, sumber vitamin

    Yang ginian juga enak kalo sahur

    Yang ginian apalagi

    Santap sahur ayam bakar, ajib..

    Makan sahur yg banyak
  3. Minimalisir suara ente - 'diam itu emas' sangat berlaku kalo lagi puasa.. banyak bacot itu dapat mengurangi stamina ente.. gak percaya? coba aja (ane gak saranin sih).. intinya, bicara juga butuh energi fisik kan, jadi bicara seperlunya aja lah.. dan bicara tentang kebaikan, ingat lagi puasa lho.. gosipin tetangga atau gebetan ntar ajalah.. fokus puasa dulu deh ya..
  4. Hindari tempat2 tertentu di jam2 tertentu - seperti warung pak joko atau pasar Ramadhan Markoni di jam2 aktivitas kerja..kalo udah jam 5, boleh lah cabut nyari bukaan.. tapi kalo di jam2 kerja, ane saranin jangan deh.. itu bisa menggoyahkan mental puasa ente..
  5. Tidur siang - ini cocoknya untuk yg nganggur di rumah, atau nekat tidur di kantor.. tidurnya orang yg berpuasa kan ibadah, ini bisa menjaga stamina ente.. kan enak tuh, tidur siang (jam 10) bangun2 udah buka puasa, apalagi bangun2 udah lebaran, tapi sayangnya gak boleh tuh tidur lama2.. secukupnya aja..
  6. Mandi - bukan mandi di siang bolong lho ya, apalagi mandinya kelamaan kumurannya.. mandi sore setelah bangun tidur siang.. enak kan, badan langsung seger.. pake baju jangan lupa dan tinggal nungguin beduk buka puasa..
  7. Berbukalah dengan yg manis - buka puasa lho ya, bukan yg lain.. kalo udah buka puasa, ane yakin kita semua pasti sepakat kalo itu pasti buat kita semangat lagi.. apa lagi bukanya dengan ginian..
    Mulailah dengan yg kecil2 dulu, kurma..

    Lanjut ke pancake karamel

    Ane gak tau namanya, tapi pasti mantep banget

    Es buah yg seger dingin nan manis.. yummy..

    Salad buah dengan es krim..

    Sang maestro, es pisang ijo.. mantap !!
Cukup deh tipsnya ya, namun yg terpenting itu niatnya, kalo niatnya mentep, urusan puasa pasti mantep juga.. ntar kalo mau sharing lagi langsung komen aja di blog ini, bisa juga mention twitter ane [@romangusmana] atau langsung ke wall facebook ane [Roman Gusmana]..

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. kalo yang lagi puasa baca postingan ente entah apa yang terjadi, poto makanannya terlalu enak :)
    selamat menunaikan ibadah puasa ya!

    ReplyDelete

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -