Posted by : Unknown Wednesday, August 7, 2013

Wah.. tau-tau udah lebaran aja nih, perasaan baru kemaren deh 1 Ramadhan-nya.. iya, gue tau bahasanya agak lebai, tapi emang kenyataan kan.. kalo kita menjalani segala sesuatu dengan ikhlas terutama ibadah, waktu bukanlah masalah..

Gue sepakat dengan kebanyakan umat muslim di Tarakan, Indonesia, dunia, alam ghoib serta di akhirat.. bahwa suka cita menyambut 1 Syawal adalah moment religi yang sangat dinanti-nantikan.. terlebih sebelumnya udah berpuasa selama 1 bulan Ramadhan.. alasan klasik yang sering gue dengar ditengah hiruk-pikuk menyambut lebaran adalah 'semoga tahun depan kita masih bisa bertemu dengan Ramadhan, merayakan lebaran bersama dengan anggota keluarga'.. gue sih gak tau siapa yang pertama kali ngomong seperti itu, tapi kalimat sederhana itu sungguh mengharu biru dan memiliki kekuatan magis untuk membuat orang-orang pada insaf dan jadi motivasi untuk hidup yang lebih baik kedepannya..

Seperti kemaren, grandma gue sempat ngomong..
grandma : "Tahun depan nenek gak ikut lebaran.."
gue : "Lho? kenapa?"
grandma : "Gak tau kan umur.. kita sampe apa gak lebaran tahun depan"
gue : diem.. merenung..
sejenak gue mikir kata-kata grandma itu nyeremin banget, nyesek gue nyernanya.. namun setelah gue pikir-pikir, itu bukanlah hal yang gak mungkin.. gue cuman berharap, kebersamaan Ramadhan dan lebaran tahun ini bisa gue rasain bersama anggota keluarga tahun depan.. semoga sehat-sehat saja untuk grandma, nyokap dan bokap gue semoga cepet sembuh.. amin..

Lebaran ala ACG

Alhamdulillah, tahun ini puasa gue penuh.. meski gue gak tau, apakah diterima atau gak.. namun yang pasti, gue sama berharapnya dengan umat muslim lainnya semoga amal ibadah gue bisa diterima.. amin allahumma amin..

Implementasi suka cita menyambut lebaran setiap orang itu beraneka ragam.. ada yang over dosis dalam memenuhi baju baru, kue sampe gordennya, ada yang berharap cemas sama THR yang belum cair sampe malam lebaran, ada juga yang seperti gue.. kebutuhan lebaran berbanding lurus dengan THR yg diterima.. disyukuri aja sih, jangan juga berlebihan.. apalagi sampe jual panci dirumah demi keset kaki baru kan, disesuaikan dengan kondisi fulus aja.. yang penting tepat dan manfaat..

Dampak fisik yang bisa terlihat, Ramayana nyaris ambruk saking banyaknya yang berbelanja kebutuhan lebaran, THM gak kalah rame.. penuh, jejel-jejelan, senggol bacok lah pokoknya kalo disana.. jalanan macet, ada yang konvoi.. tapi dengan kresek-kresek barang belanjaan tergantung dimotornya..

Mendadak saja setiap tempat nyetel takbir, dari toko-toko, bazar, sampe angkot pun ikut mengumandangkan takbir dari mini compo tembelannya.. pokoknya, rame banget dah..

Gak cuman dijalan, dirumah gue pun turut terkena dampak dari suka cita lebaran kali ini.. semua tepat pada kerjaannya masing-masing.. nyokap kerjanya paling berat, masak.. menurut gue, makanan pada saat lebaran itu adalah inti dari lebaran itu sendiri.. ya iyalah, kan pada saat lebaran kita mesti makan, gak boleh berpuasa kan.. jadi, tugas mulia ini, nyokap yang ambil alih.. soto, buras, cookies, cake sampe tape.. gak tau lagi yang lain, pokoknya ugal-ugalan lah makanan yang nyokap buat.. kualitas rasa sih gue gak ragu, yang jelas kalo lo makan masakan nyokap, lo bisa mendadak diem !! greget gak tuh ?!

lo ngapain man? gue? kerjaan gue paling vital.. belanja.. iya dong, mobilitas tertinggi yang ada dirumah cuman gue yang bisa handle.. karena cuman gue yang bisa naik motor.. pengalaman belanja gue, biasa aja sih.. cuman kemaren sempat ikut desak-desakan beli cetakan kue dipasar.. dan cuman gue remaja ganteng yang ikut nawar dagangan abang cetakan, sisanya ibu-ibu.. wow !! dalam hati nelan malu..

Apapun apresiasi yang kita berikan dalam nyambut lebaran itu hanya ungkapan fisik yang bisa kita perlihatkan suka citanya.. namun yang paling penting, kembali ke hakikatnya umat manusia yang fitri.. Ramadhan tlah berlalu, namun semangat ibadahnya kudu ditingkatkan di kemudian hari.. semoga ini menjadi awal kita untuk lebih bisa menjadi umat yang bersyukur, bertambah keimanannya dan istiqomah..

So, gue Roman Gusmana as the admin of asikcarague.blogspot.com and my family mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1434H, minal aidin walfaidzin, mohon maaf atas segala tingkah laku dan perkataan yang kurang berkenan dihati sobat asik, semoga kita di pertemukan dengan Ramadhan dan lebaran tahun depan.. Amin yaa rabbal alamin :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -