Posted by : Unknown Friday, June 20, 2014

http://1cak.com/
Alhamdulillah, ini adalah Ramadhan kedua buat gue dan http://asikcarague.blogspot.com/. Dan sebagai seorang blogger sesat yang baik dan benar, gue menyadari 2 hal :

1. Gak nyangka deh kalo tulisan sesat gue di blog bisa bertahan dari Ramadhan tahun lalu ke Ramadhan sekarang. Gue mau ngucapin terima kasih buat lo yang betah gue sesatin selama ini. Baru satu tahun, ah itu belum seberapa.

2. Trus, gue juga menyadari begitu banyak orang yang sudah gue sesatkan. Dalam postingan ini, gue mau minta maaf atas kesesatan-kesesatan yang telah gue berikan. Sungguh, itu kesesatan yang gue sengaja. Yep, bener.. gue sengaja nyesatkan lo *apaan coba*.

Gue sebenarnya gak yakin kalo puasa bertepatan di akhir Juni. Kenapa? Ya aneh aja, waktu gue masih lugu dulu, puasa itu di bulan September, sekarang udah maju aja bulannya. Namun ada beberapa fakta yang menegaskan kalo puasa bakalan hadir di bulan Juni, yaitu :
1. Kalender


Kalender dinding, meja adalah gadget primitif yang kecanggihannya mengalahkan kalender digital di era saat ini. Kenapa gak? ya karena fasilitasnya lebih memberikan banyak informasi tentang tanggal penting dalam kehidupan, salah satunya tanggal kapan lebaran.

Dan dari tanggal tersebut, kita tinggal menghitung mundur 29 atau 30 hari, dari situ lah kita bisa memprediksikan kapan kira-kira puasa dimulai. Jujur saja, ketika kalian melihat kalender di awal tahun, kalian pasti langsung mencari kapan tanggal lebaran, dan memprediksikan kapan puasa. Thats a true story.

2. Harga sembako


Signal kalo puasa udah sebentar lagi itu lebih terasa buat ibu-ibu yang biasa kepasar atau minimal beli sama pale' sayur. Salah satunya Mami yang sempat ngeluh mengenai harga telur.

Mami : 'Hedeh, harga telur udah 40ribu sepiring'
Gue : 'Kok bisa, Mi?'
Mami : 'Kan ntar lagi puasa'
Gue : 'Iya kah? tau dari mana?'
Mami : 'Mamang penjualnya yang ngomong tadi'

Pasar selain tempat jual beli, juga merambah sebagai tempat bertukar informasi. Biasanya informasi yang beredar itu berbanding lurus dengan tingkat kenaikan harga pangan.

'..Mau puasa bu, barang-barang pada naik..'
'..Mau lebaran bu, barang-barangnya naik lagi..'
'..Kan satu bulan lagi Natal, bu.. ya barang naik juga.'
.
.
.
.
'.. BBM kan naik bu, ya harga sempak juga naik..'
*Ok, gue gak nemu korelasinya BBM dengan sempak*

3. Obrolan temen-temen mahasiswa/i

Kebanyakan yang jadi mahasiswa/i adalah perantauan dari daerah. Dengan segenap daya dan upaya mereka dalam menempuh pendidikan, pulang kampung saat puasa adalah agenda wajib. Klasik sih, cuman saat puasa libur itu terasa menyenangkan.

Obrolan yang biasa terjadi di sekitar lo mungkin gini. Sebentar, sebelumnya gue samarkan dulu namanya Mawar dan Melati. Wait, kok namanya seperti nama samaran korban pelecehan birahi di berita investigasi? Ah Sudahlah..

Mawar : 'Eh, Ti.. lo asli mana?'
Melati : 'Gue asli Tarakan nih, lo dari mana?'
Mawar : 'Gue dari Sesayap nih. Bulan depan lo pulang kampung, gak?'
Melati : 'Bulan depan? emang ada apaan?'
Mawar : 'Puasa.. lo gak tau?'
Melati : 'Iya kah? wah, gue mesti pulang nih bulan depan. Kangen nyokap.'
*Dialog tersebut terjadi di Tarakan*

Pertanyaan gue, kenapa Melati mau pulang kampung sementara dia udah ada di kampungnya sendiri?

4. Obrolan temen-temen kantor


Sedikit berbeda dengan obrolan mahasiswa/i, temen-temen kantor mungkin udah lebih peka dengan hak dan kewajibannya. Gue samarkan lagi namanya Jarot dan Codet, seperti nama samaran pelaku pelecehan birahi di berita investigasi.

Jarot : 'Bro, bulan depan THR dan gaji keluar barengan lho'
Codet : 'Iya kah? wah berarti ntar lagi puasa ya?'
*Dengan kata 'THR', Codet udah bisa nyimpulkan ntar lagi puasa..*

Kurang lebih seperti itulah obrolannya.

5. Dari iklan
Well, menurut gue, signal ini yang paling kerasa kalo ntar lagi puasa. Biar gue jabarin..
a. Sarung

Setiap akan puasa, iklan sarung selalu hadir dengan set up seperti kumpulan jemaah gitu, memakai baju muslim yang bagus dan saling memamerkan sarung mereka. Sarungnya pasti dibelai untuk merasakan kualitas kainnya.

b. Sirup


Tampil dengan banyak warna, rasa dan merk. Dari Marjan, ABC, sampai Cap Nyonya Menir.. wait, Nyonya Menir itu merk jamu, bukan Sirup.. Set up iklan biasanya berseri.

Seri pertama diawali tindakan jahil seorang bocah yang mengakibatkan masalah di daerahnya. Set up kedua biasanya setelah minum sirupnya, si bocah dapet pelajaran berharga dan mulai ngebantu orang lain. Set up terakhir, biasanya pas udah lebaran dan endingnya bahagia.

c. Pasta gigi


Iklan ini pun pasti muncul tiap tahunnya. Alibinya untuk nyegarin nafas selama puasa. Set up dimulai dengan adanya Ustadz yang jalan dilorong mesjid sambil sambil mendeskripsikan tentang puasa, kemudian..

'.. untuk menjaga nafas Anda selama berpuasa, gunakan pasta gigi.. '

Pentingnya menjaga puasa dan nafas.

d. Mentega


Yang ini sih target pasarnya ibu-ibu yang doyan buat kue lebaran. Ntar, kan buat lebaran tuh, kok iklannya udah mulai? Ya, untuk buat kue kan jangan di hari lebarannya, tapi sebelumnya kan? Iklan ini menghimbau ibu-ibu untuk buatlah kue sebelum lebaran. Karena apa? karena repot kalo buatnya pas lebaran.

Set up yang biasanya dimulai dengan anak-anak yang kepo mau tau cara buat kue. Kemudian, nyokapnya muncul dengan menenteng mentega di tangannya. Kemudian, si anak dan nyokapnya ngebuat kue sama-sama dan tampak bahagia.

Gue dan Mami biasa buat kue bareng, tapi gak sebahagia gitu kesannya. Ada mentega jenis baru atau gak, ya sama aja kayaknya.

e. Obat sakit Maag


Salah satu penyakit kalo udah puasa adalah nyeri lambung, kenapa? ya karena perut dalam kondisi kosong lebih dari 12 jam. Bakalan terganggu emang puasa kalo nyeri lambung, kan? Yep, ntah kenapa gue setuju kalo iklan ini mesti harus ada setiap tahunnya.

f. Lain-lain


Iklan lainnya sih pasti mengikuti tema Ramadhan. Mau nyambung atau gak, ya dipaksain nyambung aja tema dengan produknya. Seperti iklan es krim, trus ada juga iklan white coffee yang aman diminum saat puasa, sampai iklan shampo. *gue belum nemu juga nih korelasi shampo dengan puasa*

Positifnya ya semua iklan ingin produknya tetep laris meski lagi puasa, gue rasa ya boleh lah.. namanya juga usaha..

6. Dari hati
Nah, yang ini jarang banget ditemukan. Gue bingung jelasinnya, coba liat dialog dibawah.

Jarot : 'War, minggu depan udah mulai puasa lho'
Mawar : 'Ah yang bener, lo tau dari mana?'
Jarot : 'Hati kecil gue yang berbicara'
*ini dialog makin sesat aja*

Apapun itu, Ramadhan kali ini gue bersyukur banget. Gue senang bisa bertemu lagi dengan bulan penuh berkah ini. Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang, khusyuk, dan gak ada bolongnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -