Posted by : Unknown Monday, July 7, 2014


Gak terasa puasa udah berjalan selama (ntar.. tu.. wa.. ga.. pat.. *itung jari*).. pokoknya itu deh, gak baik ibadah diitung2 jumlahnya kan *padahal lupa hari*. Gue nulis blog ini dalam suasana hangatnya tirai langit yang terbuka tanpa celah.. baca : PANAS!! Well, itu gak jadi masalah buat gue.. sebentar *lap keringat, minum Ice Lemon Tea*.. oke deh, kita lanjut.. Oke-oke, gue becanda.. gue puasa kok :)

Ini merupakan tanda yang paling terlihat kalo sekarang lagi bulan Ramadhan. Apa itu? Yup.. 'Pasar Ramadhan'. Lo dapet ngenali peristiwa ini dengan ngeliat gejala awalnya :
- Ada meja panjang di pinggir jalan atau di tempat-tempat tertentu.
- Yang modal gede biasa pake tenda, atau yang modal meja doang ya mesti rela panas-panasan.
- Yang jaga mejanya kalangan bebas. Siapapun lo di kantor, kampus, atau parpol politik, lo bebas aja mau ikutan jualan atau gak.
- Mulai jam 2 siang, sampe menjelang buka puasa.
- Jual berbagai macam lauk pauk, sayur masak, kue, es, buah, sampe mercon.


Agar tercipta pasar Ramadhan yang baik dan benar, diperlukan situasi pendukung yang hanya bisa di wujudkan oleh pihak-pihak berikut :

1. Si Pembuat
Si pembuat ini adalah mereka yang cuman tau buat jajanan, tapi gak tau cara jualnya. Makanya dia butuh Si Penjual. Yang dibuat pun berbagai macam makanan buat buka puasa, dari makan berat (batu kali, ya kali aja..), sampe aneka kue dan minuman, seperti..










2. Si Penjual
Si penjual ini tugasnya cukup simpel cuman ngejualin jajanan si pembuat, untungnya ya bagi komisi gitu. Modal yang perlu disiapin si penjual yang lumayan banyak, seperti meja, kursi, tenda/payung, kresek, karet, taplak, kaleng BlueBand (buat tempat nyimpen uang), lipstik, bedak, tang, obeng, sampe bor (ya kali aja butuh).


 
3. Si Pembuat Sekaligus Si Penjual
Yang ini sih menurut gue hebat banget. Lo bayangin yang buat jajanannya dia, mesti belanja, buat adonan, masak sampe ngemas jajanannya kan. Trus lanjut lagi buka lapak, atur meja, nyiapkan kresek, trus dandan. Biasanya yg kayak gini karena dia gak percaya sama si penjual. Entah kagum atau prihatin gue ngeliatnya..

4. Si Pembeli
Kalo si pembuat dan si penjual udah ngelaksanain tugasnya, trus apa? Ya dibeli lah jajanannya. Disinilah tugas pokok si pembeli, memastikan kebutuhan buka puasanya terpenuhi. Membeli pun harus ada aturannya, dan ini wajib! Yang pertama, pastiin ada uang! Kenapa? Karena gadai KTP gak bakalan laku. Trus yang kedua, harus tawar menawar harganya, karena sesuai prinsip ekonomi 'dengan modal sekecil-kecilnya, mendapatkan untung sebesar-besarnya'. Ketiga jangan pingsan! Ini yang paling penting, gak asik banget kan pingsan pas jajan?


5. Si Penjual Mainan
Yang ini sebenarnya gak ada dalam skenario jajan bukaan. Ya lo pikir aja, emang pernah ada orang beli balon buat dimakan? Gak kan? Namun kehadirannya pun turut meramaikan pasar Ramadhan. Gimana gak ramai? Lo bakalan denger teriakan, tangisan, jeritan, dan raungan anak kecil yang dicubit nyokapnya yang gak mau ngebeliin mainan.


6. Si Penjual Baju
Yang ini jarang sih ikutan nimbrung di pasar Ramadhan, biasanya ada di bazar. Tapi gak sedikit juga ada di deket pasar Ramadhan kan? Yang dijual itu seputar busana dan aksesoris gitu. Gue sih masih ngedukung ini, artinya baju yang dibeli memang gak bisa dimakan, tapi bisa dibawa sholat kan? Gak seperti balon, dimakan gak bisa, apalagi dibawa sholat.. bisa-bisa dikira satu spesies dengan si-penenteng-helm-kemana-aja.

7. Si Orang Gila
Yang gue bingung pasti ada orang gila di sekitar pasar Ramadhan. Entah apa motifnya gitu.. ntar deh, lho? Kok lo lagi baca postingan ini? Gak ke pasar Ramadhan? Lagi waras ya?


8. Doraemon
Ya kali aja kan Doraemon ikutan puasa dan beli jajan bukaan di pasar Ramadhan.


Itu dulu deh ya.. ntar lanjut lagi, gue mau nyari bukaan dulu nih.. selamat berpuasa :)

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. Gan ente postingnya malam aja, knapa siang-siang gni
    jadinya pengen kan sudah,,,,,

    ReplyDelete

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -