Posted by : Unknown Tuesday, May 6, 2014

Tulisan kampret apa lagi ini?!!

Banyak hal yang gue gak ngerti tentang intuisi alamiah orang Indonesia, khususnya Tarakan. Apa itu? Kalo sedang jajan di pinggir jalan.

Yang selalu jadi pertanyaan gue, kenapa kedua tangan lo saling bersila yang kiri dan yang kanan kalo sedang antri nunggu dilayanin mas/mba penjual jajanannya?

Padahal kan bisa aja tuh tangannya dibiarin nyantai bergelantungan indah di bahu tanpa harus disila satu sama lain. Atau bisa aja kan yang kiri lagi ngupilin idung dan yang kanan lagi garuk-garuk nikmat, ya kan? kenapa mesti disila, coba? Ada yang tau gak kenapa? Gak ada yang tau, kan? Trus, ada yang pernah begitu gak? Pasti pernah, kan?

Kalo gue lagi keliling kota (ceileh..), di setiap jajanan pinggir jalan, entah cappucino cincau, roti bakar Bandung, sampe rujak, gue selalu ngeliat yang beli itu tangannya selalu sama, disila. Dalam pikiran gue apa itu udah menjadi kode etik dalam perjajanpinggirjalanan di Indonesia?

Seandainya itu menjadi kode etik, mungkin dialog penjual dan pembeli bakal kayak gini.

Penjual : iya, mba. Mau beli apa? *senyum mesum*
Pembeli : mau beli rujaknya, mas. Pedes ya. *tangannya gak disila nih kasusnya*
Penjual : maaf mba, gak bisa saya jual sama mba.
Pembeli : kenapa mas? kan saya beli, ntar juga dibayar.
Penjual : soalnya mba menyalahi kode etik pembeli nih, tangannya gak disila sih.

Gak gitu juga, kan? bakalan aneh banget jadinya kalo itu jadi kode etik. Bagaimana kasusnya kalo yang beli tangannya lagi bisulan stadium 4 yang kalo disila tangannya bakalan buat bisulnya pecah? Kan kasian tuh, trus yang rugi pasti si penjualnya.

Atau mungkin itu karena kita mesti action setiap saat. Maksudnya gini, lo gak bakal tau kalo tiba-tiba lo disamperin gebetan saat lagi ngantri jajanan sementara tangan lo lagi asik garuk-garuk, dan itu gak keren.

Doi : eh lo beli ote-ote juga ya?
Lo : iya nih, lo beli juga? *dengan tangan lo masih garuk-garuk*
Doi : iya nih *ngelirik bagian yang digaruk*, tapi gue jadi inget kalo ada yang ketinggalan. Gue duluan ya. *langsung cabut, ninggalin lo*

Pastinya tuh cewek pasti ilfil ngeliat lo nungguin ote-ote sambil garuk-garuk kan? Makanya tangan disila itu paling gak lo bisa tetep cool action pada saat awkward moment yang datangnya gak bisa lo duga sebelumnya, paling gak nyelamatin lo dikit lah, dari pada kegep garuk-garuk.

Belom lagi ekspresinya pas nungguin jajannya diolah. Dengan tangan yang saling sila, pasti ekspresinya menatap tajam ke arah jajanannya. Seolah takut kalo pesanannya bakal dikasih orang lain, atau takut jajanannya bakal dicampur obat perangsang kalo gak ditatap tajam-tajam, gak gitu juga kan?

Gak semua ekspresi pembeli menatap tajam ke arah jajanannya sih, apa lagi di jaman gadget seperti sekarang. Ekspresinya beragam, tergantung isi timeline yang lagi dipantengin. Kesimpulannya, aturan baku supaya terlihat meyakinkan, serius, dan berkelas ketika jajan : pasanglah ekspresi kaku menatap tajam atau sibuklah dengan gadget.

Gue bingung mau nulis apaan. Dari pemikiran yang buntu, mentok dan semok, jadilah postingan sesat ini. Well, gak semua orang kalo jajan stay action seperti yang gue sebutin di atas, bukan karena hak asasi beli jajan setiap orang, tapi bisa aja kode etiknya udah diamandemen.

{ 2 comments... read them below or Comment }

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -