Posted by : Unknown Thursday, May 29, 2014

Gue mulai deh postingan ini dengan sebuah quote dari gue yang kayaknya bener nih..

'Sepandai-pandainya lo nahan kentut, pada akhirnya akan boker juga'

Respon pembaca : 'Kampret apa lagi ini??'

Well, gak ada yang kampret tanpa sebuah keabsurdan. Maksudnya, ya gue juga gak tau sih.. pokoknya itu deh, gak usah kepo deh lo!! tuh kan emosi gue!!

Gue baru bisa go-blog lagi setelah beberapa hari yang lalu gue ada kesibukan yang cukup menyita kasih sayang gue ke sobat asik semua (ceileh, bacot lo Man.. sungguh mempesona). Kemarin gue baru pulang dari Bekasi.

Ceritanya ada yang nanya : 'ngapain lo ke Bekasi?'..

Gue disana ada misi untuk menjalankan amanat negara, misi kemanusiaan gitu lah.

Ceritanya ada yang respon : 'Ah, yang bener tuh Man?'

Kagak lah! Yang bener tuh gue disana ada kegiatan seminar nasional gitu deh. Agenda SNIT 2014 (Seminar Nasional Inovasi dan Tren) yang kali ini bertempat di Kampus BSI. Yah, itu pengalaman yang berkesan buat gue, acaranya seru banget. Sempat gue mencret sedikit saking gugup dan semangat. Meskipun rasanya badan pegel banget setelahnya.

Sebelumnya gue juga mau berterima kasih dengan Kedai TimTeng (https://twitter.com/KedaiTimTeng) atas tempatnya yang dengan biadab gue jadiin tempat nongkrong sekaligus nulis postingan ini. Ice Lemon Tea-nya nikmat banget diminum siang-siang begini.

Kali ini gue mau ngomongin tentang cita-cita. Gue punya banyak cita-cita, dari cita-cita yang logis dan dapet diterima dengan akal sehat, sampe yang gak. Dari cita-cita yang job placenya ada di dunia sampe di akherat. Pokoknya banyak deh!
 
Kita belajar mengenai menyusun cita-cita itu dimulai dengan dari pertanyaan sederhana yang biasa kita dengar dulu, 'nanti kalo udah besar mau jadi apa?'. Yups, orang tua dan ibu guru di TK dan SD yang dengan kepo selalu menyerang pribadi rentan yang gak tau mau ngapain kedepannya.

Kalo gue ditanya seperti itu, selalunya gue jawab 'mau jadi Power Ranger, bu guru!'. Dengan polos dan lantangnya gue jawab seperti itu. Karena gini, pada saat itu, otak gue lagi keracunan tontonan super hero warna-warni yang hobinya selalu main keroyokan untuk bisa menang. Namun dibalik sifat pengecutnya, mereka masih punya niat untuk melindungi manusia.. dan gue pengen banget jadi seperti itu.

Namun, gue tau kalo itu hanya terjadi kalo gue jadi artis Power Ranger. Gak mungkin lah ada produser waras yang mau ngejadiin gue artis Power Ranger, terkecuali produser yang pengen perusahaannya bangkrut. Niat suci itu pun gue urungkan dan gue beralih pengen jadi dokter. Cita-cita pasaran dan mendominasi jawaban anak-anak polos waktu itu.

Gue sih gak tau apa dan bagaimana kalo gue menjadi dokter, gue hanya mengikuti arus untuk bercita-cita. Kebanyakan temen-temen gue waktu itu pun hanya asal bacot, 'jadi dokter bu guru!', dan gue pun terpengaruh pengen jadi dokter juga. Tapi kayaknya gak mungkin banget gue jadi dokter. Selain biaya pendidikannya yang mahal banget, gue masih sayang dengan otak gue. Cita-cita itu pun juga dengan sukses gue urungkan.

Cita-cita absurd lainnya adalah gue pengen jadi ninja. Bukan, bukan motor tapi ninja beneran yang seperti di anime Naruto. Ini pun sama, gue pun terpengaruh dengan apa yang gue tonton saat itu. Menurut gue, jadi ninja itu seru banget. Lo bisa ngilang dengan bom asap, nyelinap diam-diam yang tiba-tiba dapet posisi mantep untuk ngegorok leher musuh. Dan itu pun gue urungkan, karena gue pernah kecelakaan waktu latihan ngelempar bom asap (baca : petasan) yang saat itu terpantul ke arah gue, dan meledak. Gue menyadari, itu bahaya.

Sebentar.. gue pesen minum lagi ya, gile.. aus banget! Mas bro, Ice Lemon Teanya tambah 1 lagi ya! Oke, lanjut..

Selain itu, gue juga punya cita-cita lain yang berawal dari hobi gue. Gue udah lama menekuni dunia sulap, biasa manggung juga lah. Dari situ, gue pun ada keinginan untuk mengembangkan hobi itu ke arah yang lebih profesional. Gue juga pengen banget jadi pengusaha. Menurut gue, pengusaha juga gak kalah keren dari profesi yang lain, apalagi duitnya.. banyak genk!

Sampe akhirnya gue lulus SMA dan kuliah jurusan komputer, cita-cita untuk jadi Naruto, Power Ranger dan dokter semakin terasa itu sangat jauh untuk gue raih. Namun, gue gak sedih tuh. Karena, ya semasa gue kuliah, pemahaman gue tentang masa depan itu semakin jelas. Dan cita-cita gue saat ini adalah programmer dan dosen.

Serakah amat sampe 2 cita-cita sekaligus? Ya, gak apa-apa dong. Programmer itu sesuai dengan latar belakang pendidikan gue, kan. Sedangkan dosen, menurut gue itu pekerjaan yang keren. Mengajar adalah penyaluran ilmu yang efektif. Karena gue akhirnya sadar, ilmu yang gue peroleh saat ini akan lebih baik kalo gue salurkan juga, biar berkah juga buat gue.
 
Gue sedikit demi sedikit merasa langkah gue untuk jadi seperti apa yang gue cita-citakan saat ini semakin dekat. Yah, meski pun itu jauh berbeda apa yang menjadi cita-cita gue yang pertama. Gue menyadari, semakin kita dewasa, maka cita-cita pun juga semakin bisa dipertanggungjawabkan dengan cara kerja keras untuk diraih.
 
Meski, ada hal yang gue sesalkan. Kebanyakan dari kita gak siap dengan apa yang kita cita-citakan. Maksud gue, kemana semangat lo ketika dengan lantangnya lo ucapkan apa yang menjadi cita-cita lo. Yang sekarang hanya tertinggal, kondisi pasif.. ralat, cara berpikir yang pasif. Yang hanya mengikuti alur, karena takut untuk melangkah ke arah yang lebih jauh.
 
Memiliki banyak cita-cita itu boleh aja, asal lo bisa bertanggung jawab untuk ngeraihnya. Dan kalo ternyata, cita-cita yang lo harapkan itu tak kunjung terwujud, maka mulai lah dengan cita-cita lain yang gak kalah keren dari yang sebelumnya, dengan semangat dan lantang juga itu lo niatkan.
 
Cita-cita gue lainnya, gue pengen jadi penulis. Yah, lo bisa liat dari apa yang udah gue tulis di blog. Ini cita-cita gue, apa cita-cita lo?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -