Posted by : Unknown Monday, October 14, 2013

Kp. Satu banjir ya..
Pagi ini gue bangun dengan sambutan langit mendung dan hujan yang teramat sangat.. langit menderu, bergemuruh, dan sepertinya (semoga jangan dulu deh) waduk yg ada di langit itu jebol, jadinya membasahi bumi itu lebih dari biasanya..

Gue tinggal di Kp. Satu, rumah gue ada di sekitar gunung, tapi gak naik kegunungnya dan gak juga cukup tinggi lah dari jalanan (gimana sih?!).. intinya rumah gue itu sasaran bebas banjir, gak kayak Ladang, Kr. Balik, Kr. Anyar dan Sebengkok lah yang kalo banjir mesti siaga satu.. namun kali ini gue rada was-was, soalnya banjir udah menggenangi jalan akses rumah gue.. meski jauh dari rumah gue yang lebih tinggi dari jalan, gue was-wasnya sama sapi dan kambing yang akan 'diselesaikan' hari ini..

Yups.. hari ini bertepatan dengan Idul Adha 1434 H, sebelum lupa gue mau ngucapin maaf lahir batin dan yang bertindak selaku panitia qurban, jangan pulang dulu.. ntar yang bagi jatah daging gue siapa :).. pertanyaan gue, gimana ya perasaannya sapi dan kambing yang mau disembelih tahun ini? bukan karna sembelihnya, itu kan udah jadi ketentuan agama tapi ujannya..

Pasti mereka kedinginan, mereka kan gak pake baju, jaket, apa lagi selimut dari sejak lahir sampe sekarang.. apalagi mereka tau kalau hari ini mereka bakal 'dieksekusi', bertepatan dengan ujan yang 'sesuatu banget ala Syahrini).. mungkin dalam pikiran parno mereka 'alam pun turut galau', 'langit pun ikut bersedih', atau 'alhamdulillah, gue gak jadi disembelih'.. STOP !! it's f*cking mind !! hari ini gue dan lo (yang ngerayain) lagi  ada di salah satu hari besar Islam, jadi cukup syukuri apa yang terjadi pada hari ini.. ujan pun berkah kan?? ngerti? nah.. udah pinter kan.. :)

at Pasar Kececer Tenguyun
Tapi emanknya masyarakat Indonesia, terutama Tarakan.. kalo udah nyambut lebaran itu ugal-ugalan meriahnya.. kemarin gue bolak balik pasar belanja kebutuhan lebaran, itu pasar mantap banget dah gak karuannya.. jalanan yang biasa dipake akses jalan motor itu ditutup dan dipake jadi pasar kececer dadakan di dalamnya..

Entah penjual dari mana aja tuh yang ikut nimbrung buka lapak disana.. pasar dadakan ini hanya ada saat lebaran, positif dari gue sih mereka ikut nyari berkah di dalam moment yang didominasi masyarakat Tarakan..

Tapi gak semua orang Tarakan ngerayain Idul Adha, gue baru tau kalo tradisi masing-masing masih memegang peranan dalam mengatur umatnya dalam merayakan lebaran.. ambil contoh warga di Markoni yg di dominasi orang jawa, gak terlihat persiapannya untuk lebaran.. mungkin akan berbanding terbalik dengan belakang BRI yang dominasi orang bugis.. beda ladang beda belalang lah kan ya..

Bagaimana pun juga Idul Adha pun merupakan moment hari besar agama yang datang 1 tahun sekali, bersuka cita lah menyambutnya.. belom tentu tahun depan depan bisa sampe ke lebaran Idul Adha lagi kan..

Oke deh.. ntar lanjut lagi postingannya, gue mau makan bareng kaluarga dulu.. kapan lagi ngumpul bareng keluarga kan..

Happy eid mubarrak, everyone :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -