Posted by : Unknown Sunday, July 7, 2013

Ramadan time to recharge
Alhamdulillah.. Ramadhan kini kian tampak semakin jelas, gak lama lagi kita akan memasuki bulan yg penuh berkah, penuh nikmat dengan limpahan pahala yg berlipat ganda dalam setiap amal perbaikan yg dikerjakan..

Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan pertama bagi asikcarague.blogspot.com, tentu merupakan berkah tersendiri mengingat blog ini masih seumur jagung, seupil pengalaman dan secuil teori yg bener dalam nulisnya.. namun udah dapet tempat dihati sobat asik di media sosial.. Alhamdulillah..

Oke.. cukup mengharu birunya.. kali ini ane mau menyoroti tentang fenomena di bulan Ramadhan, terutama dalam persiapannya dalam menjalankan ibadah puasa.. ada banyak hal2 absurd yg kerap dilakukan oleh kebanyakan orang dalam menyambut bulan yg penuh berkah ini.. mungkin saking bersemangat dan bersuka citanya dalam menyambut Ramadhan, membuat persiapan yg dilakukan cenderung berlebihan..

Penentuan tanggal 1 Ramadhan itu kerap menimbulkan perbedaan.. selalunya begitu.. ane sih cuman bisa berasumsi, semakin banyak orang pintar di bidangnya, semakin bingung umat dalam nentuin mana yg benar mana yg gak.. tapi pada dasarnya, mereka punya pandangan2 yg sama2 bisa dipertanggungjawabkan dan semuanya benar..
sekarang tinggal kita aja mana yg menurut kita paling benar, itu yg kita ikuti.. gak susah, agamamu ya agamamu, agamaku ya agamaku.. asal jangan anarkis aja kalo berbeda pendapat..

Mesjid mendadak bertambah jemaahnya.. jika dihari2 sebelumnya hanya 3saf untuk sholat Maghrib, sekarang udah mulai bertambah sedikit demi sedikit.. akan semakin bertambah sampe 10 hari pertama puasa dan kembali bekurang menjelang lebaran.. ini udah jadi rahasia umum sih..

Semuanya mendadak alim.. yg biasanya gak pake kerudung, udah mulai pake kerudung.. yg biasa gak ke Mesjid, perlahan udah mulai turun ke Mesjid lengkap dengan wangi2an non alkohol.. yg biasa naruh Al Quran di lemari, sekarang udah mulai membuka kembali Al Quran.. ini positif sih, asal jangan sampe ke arah riya aja.. tau riya kan? kalo gak tau, tanya guru ngaji sana..

Mendadak shodaqoh.. di bulan Ramadhan, segala amal perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya.. salah satu amal ibadah yg kadar pahalanya tinggi ini adalah shodaqoh.. semua kalangan mendadak dermawan, mendadak berlomba2 untuk bershodaqoh dengan saudaranya yg kurang mampu.. ini sih tergantung niat juga, jangan menjadikan Ramadhan untuk menarik simpatisan masyarakat demi kepopularitasan semata (ini untuk ente para artis dan calon Walikota).. sucikan Ramadhan dengan memulainya dari mensucikan niat ente masing2..

Buka puasa bersama

Mendadak padat jadwal bukber (buka puasa bersama) dan sahur on the road.. entah sama temen kampus, temen kantor atau sama atasan.. ini sih optional ente aja, silahkan aja.. biasanya prepare bukber udah dibicarakan jauh2 hari sebelum Ramadhan.. namun kalo boleh saran, utamain bukber keluarga di rumah ya.. momen2 bukber keluarga itu jauh lebih nikmat..

Jalanan semakin rame, padat lalu lintas.. biasanya yg turun sholat Tarawih.. namun yg paling banyak keliaran di jalan itu spesies anak2 kecil.. berkelompok, tampang nyolot, niatnya cuman mau godain cewek di masjid, dan biasanya bawa petasan dan ngerubungi pa'le pentol yg nimbrung disamping Mesjid (niatnya jualan aja nih pa'le).. kalo sahurnya akan banyak yg buat keributan untuk bangunin orang2 sahur, dengan sound system mini atau pake drum.. semuanya terkonsep dan hanya ada di daerah kota.. ini udah jadi tradisi Ramadhan sih..

Ini yg ane tunggu2 kehadirannya.. ups :)

Mendadak petasan, kembang api dan mercon merajai pasar.. biasanya berbarengan pasar Ramadhan dibuka.. lapakannya pun persis didepan lapak jajanan kue buka puasa.. selain itu, tasbih, minyak wangi dan peci ikut nimbrung di sekitarnya..

Diskon2 pun udah mulai nampak.. ini hanya berlaku untuk baju, celana, sandal atau sepatu.. kalo sembako mah pasti naik..dengan double alibi yg bisa mereka pake.. 'bebeem kan naik, jadi naik juga barang2' dan 'dari produsen/agen juga naik tuh, kan puasa'.. ane sih no comment dalam kasus ini.. intinya, ada uang ya beli kan..

Apapun itu, semua akan bersuka cita dalam menyambut Ramadhan.. namun jangan hanya jadikan Ramadhan sebagai alibi untuk menjadi pribadi yg lebih baik atau hanya sebagai momen untuk kepentingan pribadi.. ane berharap tulisan ane bisa sedikit banyaknya membuka pandangan ente kalau yg sering terjadi di sekitar kita saat Ramadhan datang adalah seperti itu, ane rasa ente udah cukup gede dan ngerti mana apa yg sebaiknya kita lakuin di Ramadhan kali ini, dimulai dari niat yg suci dalam menjalankan ibadah yg suci ini..

Marhaban ya Ramadhan sobat asik :)

Terlebih untuk ane pribadi.. semoga ibadah Ramadhan tahun ini semakin baik dibandingkan tahun lalu dan semakin membawa perubahan pribadi kearah yg positif terlebih saat Ramadhan berlalu..

Marhaban yaa Ramadhan sobat asik..

Nb : kalo ada yg mau ditambahkan, langsung di komen aja ya.. :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -