Posted by : Unknown Monday, July 1, 2013

Akhirnya.. ane bisa ngelanjutin postingan ini dengan tenang walau tengah malam ngepostingnya dan dengan laptop tebengan.. lho? mank laptop ente kemana? laptop ane ada kok cuman lagi cidera serius.. cidera gimana maksud ente? gimana ya.. uhm, ente denger dulu deh.. ane mau cerita tentang weekend ane pekan lalu yg berakhir galau, merenggut organ penting laptop ane dan membuat weekend ane kehilangan warna khasnya..

Perenggut weekend ceria ane -_-
Berawal minggu pagi (30 Juni 2013) yg kelabu ane mengawali weekend dengan telponan dengan si Pur sekedar menyapa selamat pagi.. laptop ane terbuka, tersudut serta terdiam tanpa kata, seolah tidak terjadi apa2 dengannya.. ane pun mengabaikannya seakan itu hal yg biasa..

Tidak ada tanda2 yg ganjil terhadap perilaku laptop ane, dia masih saja membeku di tempatnya.. sampai akhirnya ane menyudahi obrolan pagi bersama si Pur, ane pun beranjak dari tempat tidur dan menuju WC untuk menunaikan kewajiban pagi, boker.. namun sesekali laptop ane memandang ane penuh arti, seakan ada hal yg ingin disampaikan namun sangat berat untuk diucapkan.. ane pun segera menghampirinya dan mulai menyalakannya..

Nyala normal dengan intro khas windows mengawalinya, namun ketika ane mengetikkan password untuk membuka windows, gak ada reaksi apa2 dari laptop ane.. bingung dan sedikit panik,
ane mencoba berpikir positif 'mungkin sistemnya berat, coba restart aja deh'.. ane pun merestart kembali laptop ane dan ketika masuk ke tampilan inputan password, ane pun mengetikkan password sekali lagi dan hasilnya sama saja.. tidak ada reaksi apa2..

Sadar ada yg gak beres dengan laptop ane, ane pun mencoba merestartnya sekali lagi dan mencoba masuk ke BIOSnya.. namun tetep gagal.. keypad udah gak mengenali jemari2 ane yg biasa mengetikkan apapun tanpa ada masalah sedikitpun dengannya.. ane perhatiin terdapat tetesan air di atas keypadnya.. kabel2 diotak merespon dan membuat ane melihat ke atas plafon  kamar ane.. air? bocor? si laptop ane keujanan? terkena air hujan dari bocoran atap kamar ane?atau si keypad telaaaahh?? stop berasumsi negatif kepada si keypad, ane segera ngacir dari rumah gak pake mandi cuman gosok gigi doang (gak pake boker lagi), dalam benak ane.. mana Sandi, mana bang Rudi, mana Visual Computer..

Di Visual Computer..

Ane datang kepagian, tepatnya 20 menit sebelum tokonya buka.. seperti anak terlantar duduk di depan toko yg belum buka, sendirian dan waktu itu gerimis mengundang.. berbagai asumsi dan spekulasi negatif terhadap keypad ane yg gak bisa mengeksekusi perintah2 yg ane ketikkan, di tambah ketidaksabaran ane untuk segera meminta pelayanan terbaik di Visual (bukannya ujan2an seperti anak terlantar).. ane pun mengetok pintu toko.. dengan sedikit nafsu tentunya..

Pintu toko pun terbuka sedikit, bang Rudi pun ane bawa nimbrung.. bang Rudi alias bRud (bukan beruk lho ya..)

Ane : bang, masih lama gak bukanya?
bRud : belum jam 9, kenapa?
Ane : laptop ane bang, kayaknya keypadnya rusak deh.. (memerhatiin keadaan toko dari luar toko.. bRud lagi bersih2)
bRud : (membuka pintu) masuklah.. tapi tunggu ya, ane ngepel dulu.. (ane pun masuk sementara dia melanjutkan kerjaannya..) kenapa bisa?
Ane : kena air bang..
bRud : waduuuhh, gak bisa kayaknya tuh..
Ane : (syok) masa gak bisa, cuman keypadnya doang yg kena..
bRud : ntarlah kita liat..

Keypad (alm)
Setelah cukup menunggu sampe semuanya telah siap di tempatnya masing2, bRud menghampiri dan segera membuka casing demi casing laptop ane, dengan menggunakan obeng segala macam, akhirnya dia bisa membuka casing itu.. sungguh pencapaian yg luar biasa.. teliti demi teliti dan mencoba dengan spare part lainnya (mungkin aja ada yg cocok..) namun sayangnya gak ada titik terang..

bRud : kalo ini panelnya yg rusak mesti ganti baru.. (sembari membuka2 sisi casing yg lain..)
Ane : ada gak keypad2 seken yg kira2 cocok bang (mau beli yg baru, merogoh kantong.. miris..)
bRud : ada, ntar kita coba dulu..

bRud mencoba2 dengan keypad seken yg udah berdebu.. ane harap2 cemas kalau2 dari beberapa keypad seken yg kami coba, ada yg bisa nyantol.. namun ternyata semuanya gagal total.. ada yg beberapa keypadnya yg rusak, ada juga yg semuanya, sampe gak cocok di laptop ane..

H.Bahar (yg punya Visual baru datang dan nimbrung..)

Ane : ji, ada keypad untuk Acer 4732Z kah? (pasrah.. yg baru dah sekalian..)
HB (H.Bahar) : kalo yg sama persis gak ada, udah gak produksi lagi.. adanya yg agak besar dikit, tapi bisa diakali.. ntar kita potong dikit..
Ane : yawdah ji.. ada gak barangnya?
HB : masih ada kah Rud?
bRud : habis gan.. gak ada lagi.. pesen aja..
HB : mesti pesen lagi kayaknya.. gimana?
Ane : (dongkol.. keypad langka, mesti pesen lagi, padahal butuh banget.. pasrah) kalau pesen sekarang, kira2 datangnya kapan ji?
HB : paling cepat Selasa datangnya..
Ane : oke deh ji, pesenkan aja.. (merogoh kantong..), ane bayar sekarang aja..

Pembicaraan singkat itu paling tidak menyimpulkan beberapa hal..
  1. Laptop ane beneran cidera serius, karena keypadnya konslet ulah keteledoran ane sendiri (nyesel)
  2. Sadar kalo laptop ane itu versi lama, jadi spare partsnya menjadi barang yg sangat langka dan kalo pun ada yg mirip mesti 'diakali' agar bisa muat masuk di laptop ane (maksa)
  3. Mesti sabar dengan beberapa hari mendatang.. laptop udah jadi rekan setia ane, kalo udah sakit gini.. ya mau gimana? mesti sabar lah..
  4. Kerjaan, skripsi dan blogging maupun kegiatan yg pake laptop terhambat.. Aaaarrrrgggghhhh !! Damn !!
  5. Ane menyadari, weekend gak pake jalan terlebih gak ada laptop itu derita.. galau mode : ON..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -