Posted by : Unknown Wednesday, June 19, 2013

Hari ini ane mau ngereview tentang suka dukanya ane pada saat dibangku sekolah dulu, tepatnya ketika ane mengunyah pendidikan di sekolah dasar.. yups, masa2 esde yg penuh dengan permainan dan bobot tubuh yg melebihi anak normal..

Inilah ane waktu jaman esde.. gemuk yak?
Masa2 esde ane lewati dengan penuh persaingan dengan teman2 sekelas.. karena hanya pada jaman esde, peringkat itu menjadi harga mati untuk para orang tua.. dan tentu saja, setiap caturwulan bahkan setiap naik kelas ane gak pernah mengecewakan orang tua ane dengan masalah peringkat.. prok.. prok.. prok.. xp

Persaingan semakin ketat dengan jumlah murid dalam ruang kelas itu hanya 20 orang.. asumsi, setiap meja dan kursi panjang khas ruang kelas esde hanya diisi oleh 1 orang murid.. absurdnya pada saat kenaikan kelas dan hari pertama setelah libur panjang, apa yg membuat para murid turun subuh menunggu kelas baru dibuka dan berebut tempat duduk? padahal udah jelas total meja dan kursi itu sama dengan jumlah muridnya.. ketahuilah, dalam keabsurdannya anak esde rebutan  kursi tiap awal sekolah terdapat doktrin dari orang tuanya.. dalam kasus ane, Emak..

Malam terakhir liburan Emak datang pada ane yg sibuk atur2 buku pelajaran "besok turun cepat ya, biar dapat bangku yg bagus".. mungkin karena kurang wawasan ane waktu itu, ane manjadi korban dari doktrin Emak.. Meskipun ane selalu turun subuh untuk rebutan kursi, ane selalu saja memilih kursi yg agak dibelakang.. ane menyadari doktrin itu gak ngefek dengan pilihan kita..


Emak ane adalah sosok yg penyayang dan sok tau dalam dunia ane sebagai anak esde.. pernah ketika ane mendapat nilai 3 dalam pelajaran matematika, Emak marah besar, bilangnya "masa soal ginian aja gak bisa?".. ane pun hanya diem meratapi nilai 3 dan nesib menjadi omelan Emak.. untungnya itu bukan nilai vonis, masih ada her (susulan.. istilah dulu kan 'her').. ane mesti menjawab kembali soal2 itu sampai benar semua.. dan Emak pun dengan jiwa guru dalam rumah pun mengambil buku ane dan mulai mengajari ane, "masa soal gini aja sampe dapet 3, gini caranya..", dia pun menjawab semua pe'er ane.. ya.. semuanya.. semuanya.. dalam duduk manis dan tertegun, ane hanya menatap betapa ajaibnya Emak..

Ane berharap nilai ane akan menjadi lebih baik esok hari ketika nilai2nya diperiksa ibu guru.. ane yakin dengan Emak yg  secara umur dan pengetahuannya sebagai seorang dewasa bisa memecahkan kasus matematika anak esde.. namun..

Nol besar.. yups sodara2.. nol besar.. nol.. apa? matematika ane dapet nol? nilai pe'er matematika ane yg sebelumnya 3, sekarang dapet nol.. sementara temen2 lain dapet 9 atau 10.. mestinya gampang untuk dapet nilai 10, kan rumusnyanya udah ada tinggal diganti angkanya doang.. namun ane dapet nol.. "Emaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkk............", teriak ane dalam hati dan menahan malu dan tangis dihadapan teman2..

Dirumah..

Ane ngambek sama emak untuk beberapa hari.. sampe akhirnya dia tau nilai ane, buah dari pemikirannya.. dia cuman tersenyum mengakui kesalahannya dan hanya bilang "waktu mama sekolah dulu, rumusnya gak gitu..".. cuman kata itu, cuman kalimat itu dia pikir bisa mengubah nilai nol menjadi sesuatu yg bisa dibanggain..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -