Posted by : Unknown Thursday, June 27, 2013

Hari ini adalah hari kedua rekan2 mahasiswa mengikuti ujian akhir semester.. ujian kali ini terasa bebeda untuk ane, ane udah gak bisa mengikuti ujian.. bukannya absen bolos ane banyak atau belum bayar uang SKS.. tapi mata kuliah ane emang udah selesai sih, hanya saja ada hantu skripsi yg terus bergentayang di depan ane.. serem banget hantunya, bertanduk dan ada tulisan 'kerjakan skripsimu !!!' di jidatnya..

Untuk kesekian kalinya semenjak ane bergabung dalam keluarga besar kampus, ane diamanahin untuk mengawasi ujian.. banyak hal2 absurd yg terkadang rekan2 mahasiswa lakuin untuk bisa keluar hidup2 dari ruang ujian yg kelam..

Masa2 kelam.. ujian !!
Contohnya saja, pernah pada saat ujian untuk mahasiswa malam berlangsung banyak rekan2 yg mendadak religius.. mereka ijin untuk sholat Maghrib di mushollah kampus.. emang sih itu hak mereka untuk ibadah, namun yg absurd itu rekan2 yg non muslim pun pada minta ijin jg.. selidik demi selidik, dari 100% rekan2 yg ijin ke mushollah, hanya 40% yg sholat.. sisanya ya mencari 'ilham' untuk bisa menjawab soal2 ujian..


Beda rekan2 mahasiswa malam dengan mahasiswa pagi.. rekan2 mahasiswa pagi terlihat lebih mantap dan siap dalam mengikuti ujian ketimbang anak malam.. mungkin karena masih pagi dan habis mandi sehingga aura positif mereka terpancar sempurna.. atau mungkin mereka sangat siap dan percaya diri dengan 'bekal' yg udah mereka persiapkan tadi malam.. ya ya ya mereka punya niat untuk ujian kan, hehe..

SEMANGAT kawan !!
Ane menyadari perubahan sifat dan sikap di kalangan mahasiswa ketika ujian..
  1. Mereka lebih solid dan loyal dengan rekan2 mahasiswa yg lain atau mungkin mereka adalah 'partner' yg mendedikasikan hidupnya dalam sebuah pepatah 'bersatu kita teguh, bercerai kita kawin lagi runtuh'
  2. Mereka mendadak menjadi ahli dalam Feng Shui.. tau Feng Shui kan? itu lho, topografi kuno Tiongkok yg didalamnya juga mempelajari tata ruang untuk mendatangkan hoki.. ya, mereka menjadi ahli di bidang itu.. mereka percaya 'posisi menentukan prestasi'
  3. 'Minggu2 berkah' untuk pegawai kopma.. print2an maupun fotocopy sampe pulpen pun laris manis..
  4. Mereka menjadi sangat peka.. tatapan yg tajam mengikuti kemanapun pengawas pergi dan berapa banyak soal yg rekan disebelahnya kerjain.. positifnya, ini membuat otot mata terlatih dan membuat pandangan kita menjadi jelas..
  5. Mereka pun mendadak rapi.. dengan kemeja putih, celana kain hitam dan jas almamater.. ada juga yg nambahin dasi sebagai pelengkap.. salut deh..
Well, banyak hal lucu dan absurd yg terjadi pada rekan2 mahasiswa, gak hanya di kampus ane, dikampus2 tetangga dan kampus lain pun pasti juga memiliki tradisi yg serupa.. So, itulah beberapa pandangan yg bisa ane sampaikan.. untuk rekan2 mahasiswa yg lagi ujian, 'GANBATE !!'

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Sobat Asik ke

Powered by Blogger.

- Copyright © ACG - asikcarague -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -